DPRD PPU Desak Optimalisasi Fasilitas SKPD Demi Tingkatkan Pelayanan Publik

AksaraKaltim – Ketua DPRD Penajam Paser Utara (PPU), Raup Muin, menyoroti pentingnya optimalisasi fasilitas pemerintah guna mendukung kinerja maksimal setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Menurutnya, setiap SKPD perlu memiliki kantor tersendiri untuk memperlancar operasional dan meningkatkan kenyamanan pegawai dalam bekerja.

“Fasilitas yang ada kalau tidak dimaksimalkan juga susah. Kita berharap semua SKPD itu ada kantor sendiri untuk beroperasi,” ujarnya.

BACA JUGA:  Dukung Teknologi Pengolahan Pakan Ikan, DPRD PPU Usung Program Dua Kolam Ikan per Rumah

Raup menekankan bahwa infrastruktur yang memadai bagi kantor SKPD merupakan salah satu elemen krusial untuk mendukung efisiensi dalam pelayanan publik. Dengan adanya kantor mandiri, SKPD akan mampu beroperasi lebih efektif, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan lebih optimal.

Namun, ia juga menyadari bahwa salah satu kendala utama dalam pembangunan kantor tersebut adalah keterbatasan anggaran. Pemerintah harus memastikan adanya alokasi dana yang cukup untuk membangun infrastruktur yang diperlukan oleh SKPD.

BACA JUGA:  Desak Penyelesaian Jembatan Sesumpu, DPRD PPU Soroti Dampaknya pada Pendidikan

Raup juga mengingatkan agar anggaran tidak hanya difokuskan pada pembelian aset, seperti kendaraan, tetapi juga harus dialokasikan untuk pemeliharaan fasilitas yang sudah ada.

“Tetapi persoalannya ini kan ada di masalah anggaran. Pemerintah wajib memenuhi infrastruktur dan jangan hanya memenuhi aset untuk membeli kendaraan seperti mobil sementara pemeliharaannya tidak dilakukan, kan mubazir,” tegasnya.

BACA JUGA:  DPRD PPU Dorong Peningkatan Literasi untuk Masyarakat Berdaya Saing

Dengan upaya optimalisasi ini, Raup berharap fasilitas pemerintah di PPU dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi operasional SKPD dan memberikan pelayanan publik yang lebih baik. (Adv)