AksaraKaltim – Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang menjadi bagian dalam meningkatkan pelayanan.
Hal ini menjadi bukti, jika rumah sakit Bontang tidak hanya unggul dalam pelayanan medis, tetapi juga terbuka terhadap kritik, saran, serta penilaian publik. Langkah ini diwujudkan melalui pelaksanaan yang kini terus digencarkan oleh pihak rumah sakit.
Kepala Bagian Hukum, Kehumasan, dan Kerjasama RSUD Taman Husada, Syariful Rahman, menjelaskan bahwa survei tersebut menjadi wadah bagi masyarakat untuk menilai langsung kualitas layanan rumah sakit secara objektif dan terbuka.
“SKM tidak hanya memenuhi indikator reformasi birokrasi, tetapi juga menjadi wujud komitmen kami terhadap keterbukaan informasi dan akuntabilitas publik,” ujar Syariful saat ditemui, Rabu (29/10/2025).
Menurutnya, masyarakat dapat memberikan penilaian dan masukan dengan aman tanpa perlu khawatir akan kerahasiaan identitas. Semua tanggapan yang masuk akan diolah secara internal sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan mutu pelayanan.
“Jadi masyarakat hanya memberikan kritik dan saran saja, dan hasilnya nanti akan menjadi acuan kami meningkatkan layanan publik,” tambahnya.
Ia menegaskan, upaya ini menjadi bagian dari langkah nyata RSUD Taman Husada dalam memperkuat transparansi serta membangun kepercayaan publik terhadap layanan kesehatan daerah.
Pihaknya juga berharap RSUD dapat terus berinovasi dalam pelayanan kesehatan yang profesional, transparan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.
“Kami ingin masyarakat menilai langsung. Lewat hasil survei ini, kami bisa tahu apa yang perlu ditingkatkan agar pelayanan kami benar-benar sesuai harapan masyarakat,” tutupnya.






