AksaraKaltim – RSUD Taman Husada Bontang melakukan pembaruan signifikan dalam sistem layanan poliklinik rawat jalan, terutama terkait lokasi dan alur pelayanan pasien. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan pelayanan, meskipun penerapannya saat ini masih berbeda di setiap lantai gedung.
Wakil Direktur Pelayanan Kesehatan RSUD Taman Husada, dr. Niken Titisurianggi, menjelaskan bahwa layanan poliklinik rawat jalan kini dipusatkan di Gedung b atau Bengkirai, tepatnya di lantai 2 dan lantai 3.
Dr. Niken memaparkan adanya perbedaan alur sebelum pasien memasuki poliklinik yang ada di kedua lantai. Untuk dilantai dua pasien yang telah selesai melakukan check-in dan polikliniknya berada di lantai dua wajib menuju ke Note Station terlebih dahulu.
“Seluruh perawat terpusat di sana. Sementara, layanan poliklinik lantai 3 masih menggunakan sistem lama. Di mana perawat tetap berada di dalam klinik atau ruangan masing-masing,” jelas dr. Niken, belum lama ini.
Sebagai informasi, Note Station sendiri adalah aplikasi manajemen catatan digital yang canggih, memungkinkan pembuatan, pengelolaan, dan kolaborasi catatan secara terpusat, yang di rumah sakit dapat diintegrasikan sebagai sistem informasi perawat terpusat.
Kemudian, bagi pasien control atau rawat jalan di polklinik namun diharuskan melakukan radiologi atau uji laboraturium. Diminta untuk bisa hadir 30 menit lebih awal dari waktu yang sudah ada di sistem cluster.
“Akses hasil pemeriksaan nantinya akan langusung masuk ke computer kerja dokter poliklinik. Perubahan sistem ini diharapkan dapat memangkas waktu tunggu pasien dan membuat layanan di RSUD Taman Husada menjadi lebih efisien,” ujarnya.






